SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
periscope dreamers
google plus dreamers
FORUM
  • All
  • Current Issue
  • Fanbase Corner
  • Community Corner
  • Hot Thread
  • Popular Thread
  • Latest Thread
  • Create New Thread
  • Dreamers Citizen Card
Lifestyle > Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ketika Remaja

Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ketika Remaja

teknolife on 02 November 2017 | 96 views | 0 replies
Share:
posts : 77
reputation : 1

Sebagai orang tua tentunya perlu memberikan banyak pelajaran penting bagi anak sehingga bisa menjadi pribadi yang baik dan bisa sukses sesuai harapan orang tuanya, namun hal ini perlu dilakukan selalu tidak peduli anak sudah menginjak usia berapa pun. Karena tentunya orang tua harus selalu memberikan pembelajaran dan nasehat kepada anak tidak peduli anak sudah dewasa atau tidak terutama masih remaja harus banyak diberi nasehat dan pengertian. Hal ini juga termasuk mengenai pembelajaran kecerdasan emosional pada anak yang memang sangat penting bagi anak agar tidak mudah mengeluarkan emosi negatif dan tidak bisa mengatasinya sendiri.

empati anak

Karena tentunya anak yang sudah memasuki usia remaja akan mulai mencari jati dirinya sendiri sehingga orang tua sangat perlu untuk mengajarkan kecerdasan emosional ini kepada anak setiap saat. Ini dilakukan tentu saja dengan tujuan agar anak yang sudah memasuki usia remaja ini dapat mengontrol emosinya sendiri dan tidak mudah terpancing emosinya sehingga terjerumus ke arah yang salah. Cara menyampaikannya juga harus sedikit berbeda sehingga apa yang diajarkan dapat didengarkan dan dilakukan dengan baik oleh anak dan membuat emosionalnya dapat diatur sendiri tanpa masalah baru. Dan berikut ini beberapa langkah dari Wyeth Parenting dalam mendidik sekaligus meningkatkan kecerdasannya yang satu ini agar dapat tumbuh dengan kemampuan mengontrol emosinya dengan baik.

1. Tingkatkan empati terhadap orang lain

Memiliki empati tinggi sangat penting bagi seorang manusia yang selalu melakukan hubungan sosial, dan hal ini harus diajarkan dengan baik oleh orang tuanya agar anak selalu mampu bersosialisasi dengan baik. Dengan memiliki empati, anak lebih memahami bagaimana perasaan dan emosi orang lain sehingga dirinya sendiri bisa belajar untuk mengontrol emosi jika terjadi hal yang sama. Yang terpenting adalah orang tua harus selalu mengarahkan anak untuk berbuat baik kepada siapapun dan menolong orang yang tengah membutuhkan bantuan untuk menumbuhkan empati ini.

2. Belajar berhubungan dengan orang lain

Masih sangat berhubungan dengan hal diatas dimana orang tua harus membuat anak belajar untuk membangun hubungan sosial dengan orang lain agar bisa mengembangkan emosinya sendiri. Karena pastinya anak akan mengenal orang baru dalam hidupnya dan semakin belajar bagaimana mengatur emosinya agar bisa menjalin hubungan baik dengan orang tersebut.

3. Berikan motivasi pada anak

Selalu memotivasi anak untuk menjadi pribadi yang baik dan bisa sukses adalah hal yang penting untuk dilakukan agar menunjukkan bahwa orang tua selalu mendukung kegiatan anak. Berikan pujian kepada anak ketika melakukan hal baik dan patut dibanggakan dan jangan mudah menyalahkan anak dalam sebuah kesalahan sehingga emosinya tidak menjadi negatif karena merasa terus disalahkan.

Demikian beberapa langkah yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dari anak yang sudah menginjak usia remaja agar memiliki sikap yang dibutuhkan sebagai orang yang bermanfaat.

02 November 2017, 13:14
0
0
1


FANBASE & COMMUNITY

10 Pesawat yang Dilukis Ini Keren Banget, Ada Gambar Hello Kitty

[VOTE] Yuk Vote Juara K-CHART DREAMERS RADIO Minggu ke-4 Oktober Periode 21 Oktober - 27 Oktober 2017

Ketika Karpet Mobil Rambah Dunia Fesyen

Memakai Jilbab yang Pantas dengan Wujud Wajah

Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ketika Remaja

RECENT ACTIVE MEMBERS
TOP TAGS
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close