SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
periscope dreamers
google plus dreamers
FORUM
  • All
  • Current Issue
  • Fanbase Corner
  • Community Corner
  • Hot Thread
  • Popular Thread
  • Latest Thread
  • Create New Thread
  • Dreamers Citizen Card
Lifestyle > Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

abuhamzah86 on 13 September 2017 | 86 views | 0 replies
Share:
posts : 1
reputation : 0

Printer adalah satu aksesoris atau perangkat oputput komputer yang cukup penting. Printer secara umum berfungsi untuk mencetak gambar atau tulisan dari komputer menjadi sebuah paper atau dalam bentuk fisik (kertas). Banyak yang mengeluh mengapa printer saya cepat sekali rusak, bahkan setelah sekian lama tidak dipakai tinta jadi tidak keluar. Printer eror dan tidak bisa untuk ngeprint, dan lain sebagainya. 

Kalau kita baca sejarah printer, betapa dulu sangat sulit sekali mencetak menggunakan mesin cetak manual yang dibuat manusia pada masa peradabannya. Hingga sekarang printer sangat mudah kita dapat dan kita gunakan. Namun terkdang penggunaan yang tidak benar, atau salah perawatan bisa melatar belakangi masalah ini. 

Oleh karena itu, di sini saya mencoba untuk berbagi beberapa tips yang bisa anda coba sebagai ihtiar untuk menjaga dan merawat printer anda. 

1. Gunakanlah Printer Secar Wajar

Printer bukan manusia, memang benar ! Namun semua benda yang dibuat manusia pasti memiliki kemampuan yang terbatas. Termasuk juga printer. Tips pertama untuk membuat printer anda awet adalah dengan menggunakannya secar wajar. Untuk printer sekelas Canon ip2770 cobalah dengan mencetak 20 halaman maksimal pertama kali. Kemudian istirahatkan sejenak, kemudian lanjutkan lagi, terus sampai habis. 

2. Selalu Gunakan Printer

Printer memiliki satu bagian yang sering disebut dengan mulut semprot. Fungsi bagian ini yaitu untuk keluarnya tinta pada saat mencetak. Apabila printer tidak digunakan sama sekali pada waktu lama, maka tinta yang ada pada mulut semprot bisa mengering dan akan menutup jalannya tinta. Hal ini juga bisa terjadi karena printer ditempatkan pada lokasi yang panas.

3. Clening Teratur

Bersihkan kepala cetak dengan fitur yang ada pada aplikasi (program). Cleaning mulut semprot itu penting, hal ini secara tidak langsung akan membuat keluarnya tinta menjadi lancar dan bersih. Sehingga printer bisa awet. Namun ingat jangan terlalu sering. Gunakan fitur ini seperlunya saja. Karena terlalu sering melakukan ini justru akan membuat mulut semprot menjadi rusak. Jika anda belum tau cara cleaning printer, anda bisa minta teman anda untuk mengajarinya, atau anda bisa browsing di internet

4. Tutup Setelah Menggunakan

Secar sadar atau tidak, debu - debu yang beterbangan di udara lama kelamaan akan masuk ke dalam printer. Hal ini akan mengotori banyak komponen penting di dalamnya. Apabila debu kasar menempel pada kepla cetak, dan terbawa pada saat mencetak maka ini akan membuat kepala pencetak cepat rusak dan kasar. Sebisa mungkin, tutup printer setelah anda gunakan dengan plastik atau yang lainnya. 

 

Semoga Bermanfaat, salam kenal
Belajar Komputer

 

13 September 2017, 15:01
0
0
1


FANBASE & COMMUNITY

Menikmati Sensasi Dessert Korea di Resto Kekinian PatBingSoo Kemang

Tips Memilih Printer Alat Sablon yang Berkualitas

Lee Dae Hwi Remi menjadi murid dari School of Performing Arts Seoul

Ini 5 Idol Kpop Pria Yang Sering Di Bilang Titisan Dewa

HR-V Club Indonesia

RECENT ACTIVE MEMBERS
TOP TAGS
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close