SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
periscope dreamers
google plus dreamers
FORUM
  • All
  • Current Issue
  • Fanbase Corner
  • Community Corner
  • Hot Thread
  • Popular Thread
  • Latest Thread
  • Create New Thread
  • Dreamers Citizen Card
Fashion > Tips Memilih Kain Batik yang Berkualitas Bagus

Tips Memilih Kain Batik yang Berkualitas Bagus

spektruder on 26 Januari 2018 | 567 views | 0 replies
Share:
posts : 9
reputation : 0

Dewasa ini kain batik seolah menjadi kebutuhan umum masyarakat untuk menunjang kebutuhan busana formal. Kain jenis ini memang memiliki ciri khas berupa motif yang kaya dari ujung sampai ke ujung lain dari kain tersebut. Menariknya proses pembuatannya menuntut kesabaran pengrajin karena di pola senti demi senti hingga tertutup secara keseluruhan. Tentunya proses ini berlaku untuk model kain batik tulis berkualitas, sebab untuk batik cap prosesnya sudah otomatis memakai alat atau mesin khusus.

Biasanya kain jenis ini dibeli dalam bentuk jarik, sehingga bisa dipergunakan untuk bawahan kebaya yang dililitkan ke bagian bawah tubuh. Namun tidak sulit pula mencari kain jenis batik ini dalam hitungan meteran sehingga Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan. Nantinya bisa dibentuk oleh tukang jahit menjadi kebaya, rok, dress, dan lain sebagainya agar nampak semakin modern. Belanja kain ini pun bisa ke sentra batik, kalau terlalu jauh order saja ke toko online.

Kain yang di batik ini memang semakin banyak diminati karena paradigma yang menganggapnya kuno dan ketinggalan zaman sudah menguap. Semenjak batik menjadi warisan budaya masyarakat Indonesia setelah berjuang mendapatkan pengakuan tersebut. Tak pelak membuat pamor batik naik drastis dan diminati semua kalangan sehingga para desainer semakin berlomba menciptakan baju batik yang modern. Hasilnya batik pun aman dipakai untuk acara casual oleh kalangan anak muda.

Tips Belanja Batik Berkualitas Tinggi

Anda berniat belanja kain batik berkualitas? Tentunya perlu teliti dalam memilih agar setelah menjadi sepotong pakaian akan memberi rasa nyaman setiap kali dikenakan. Tips berikut membantu menemukan kualitas terbaik:

1. Mencermati jenis batik kain tersebut,

Jenis batik secara umum ada dua, yakni batik tulis dan batik cap yang dilihat dari segi kualitas batik tulis lebih unggul. Sebab proses pembuatannya lebih detail sehingga hasilnya lebih berkualitas dan tahan lama. Kalau menghendaki batik bermutu tinggi maka batik tulis bisa dijadikan pilihan, namun siapkan budget yang mendukung.

2. Memeriksa jenis kain yang di batik,

Jenis kain yang dipakai untuk membuat kerajinan batik pun lumayan beragam, namun umumnya dari jenis katun. Kain katun sendiri juga dibagi lagi ke dalam beberapa jenis mulai dari katun rayon, katun ima, dan katun jenis lainnya. Ada baiknya memperhatikan karakter kain yang dipakai untuk membuat kerajinan batik ini. Caranya dengan melihat teksturnya apakah lembut atau malah kasar, kemudian diterawang apakah tipis atau tebal dan ambil yang terbaik,

3. Meraba tekstur cetakan motif batiknya,

Tidak dapat dipungkiri bahwa kain jenis ini memiliki motif yang khas dan pada dasarnya memang menonjol, artinya akan terasa saat diraba. Ketika memilih batik sebaiknya tidak hanya melihat sekilas saja untuk menentukan warna dan corak melainkan melihat kualitas cetakannya. Ketika diraba pastikan tidak ada pewarna yang menempel pada telapak tangan. Kalau ditemukan maka pertanda kualitas pewarnaannya kurang bagus, tentunya bukan pilihan terbaik.

4. Pastikan melihat bagian belakang batik,

Ketika belanja batik memang baiknya dibalik terlebih dahulu untuk melihat bagian belakangnya, sehingga bisa tahu berkualitas atau tidak. Apalagi jika kemeja tersebut akan digunakan sebagai kemeja wanita dan pria untuk berkantor. Khusus untuk batik yang mutunya baik maka motif di bagian depan dengan di baliknya tentu akan sama, begitu pula dengan warnanya. Sehingga menunjukan pewarna yang digunakan berkualitas sekaligus diproses dengan teliti memakai canting, bukan batik cap. Kalau Anda tertarik dengan kain batik berkualitas maka jangan lupa cek baliknya dulu.

26 Januari 2018, 16:00
0
0
1


Airy Rooms
FANBASE & COMMUNITY

[VOTE] Yuk Vote Juara K-CHART DREAMERS RADIO Periode 11 - 17 Agustus 2018

nike running undertake cushioned convenience

[VOTE] Yuk Vote Juara K-CHART DREAMERS RADIO Periode 28 Juli - 03 Agustus 2018

JASA DESAIN JAKET MODEL TERBARU

GROSIR PULPEN POLOS MURAH DI SURABAYA

RECENT ACTIVE MEMBERS
TOP TAGS
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close