SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
periscope dreamers
google plus dreamers
FORUM
  • All
  • Current Issue
  • Fanbase Corner
  • Community Corner
  • Hot Thread
  • Popular Thread
  • Latest Thread
  • Create New Thread
  • Dreamers Citizen Card
Fashion > Intip Pakaian Khas Hari pahlawan

Intip Pakaian Khas Hari pahlawan

on 10 November 2016 | 3,829 views | 1 replies
Share:
posts : 211
reputation : 12

Pada tanggal 10 November 1945, terjadi pertempuran sengit di Surabaya antara penduduk pribumi dengan pasukan militer Inggris. Biarpun hanya berbekal bambu runcing, namun karena  semangat arek-arek Suroboyo yang berapi-api akhirnya kita bisa ngalahin tentara Inggris bersenjata lengkap. Ini bukti kalau bangsa Indonesia luar biasa dan sulit ditaklukan.

Untuk mengenang peristiwa pertempuran besar-besaran ini, kita bangsa Indonesia selalu memperingati tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Bisa dengan ngadain upacara bendera, doa bersama, dan yang nggak boleh ketinggalan adalah: pakai kostum ala-ala zaman perjuangan! Ini nih 8 macam kostum yang pasti bakal kamu temui pas Hari Pahlawan. Mana nih yang pernah kamu pakai?

1. Kostum loreng tentara

Tentara bertugas menjaga keamanan dan perdamaian di bumi Indonesia. Makanya tentara bisa dibilang sebagai pahlawan masa kini. Karena coraknya yang unik dan banyak persewaan yang nyediain baju ini, udah pasti kamu bakal nemuin banyak orang pakai baju loreng pas Hari Pahlawan, apalagi di sekolah-sekolah. Lumayan jadi TNI sehari.

 

2. Kostum veteran

 

 

Kalau kostum tentara zaman sekarang loreng-loreng, zaman dulu seragam tentaranya lebih polos kayak gini. Bentuk topinya yang unik jadi ciri khas kostum veteran. Sama kayak baju loreng, kostum veteran juga banyak kamu temui di persewaan-persewaan kostum. Menurut ane sih kalo Hari Pahlawan paling afdol pakai baju ini. Artis-artis kayak Jupe dan Ayu Ting-ting aja pakai. Merdeka!

 

3. Kostum jendral

 

Ribuan tentara pastinya punya komandan. Salah satu komandan yang paling terkenal dengan strategi gerilyanya adalah Jendral Soedirman. Kostum Jendral Soedirman banyak jadi favorit buat Hari Pahlawan, terutama dipakai sama bapak-bapak. Soalnya bisa bikin kelihatan tambah berwibawa ya, Pak?

4. Kostum dokter dan perawat

Tanpa adanya dokter dan perawat, para pejuang zaman kemerdekaan pasti makin banyak yang jatuh sakit bahkan meninggal. Keberadaan tenaga medis di masa perjuangan sangat penting. Makanya dokter dan perawat zaman dulu juga dianggap sebagai pahlawan. Kostum dokter atau perawat banyak banget dipakai sama anak-anak sekolah, soalnya banyak dari mereka yang masih punya cita-cita kepengen jadi dokter. Jangan lupa pakai stetoskopnya biar makin sip, wkwkwk.

 

5. Baju pramuka

Sebagian anak sekolah yang nggak punya waktu buat pinjam baju tema pahlawan pasti larinya ke baju pramuka. Soalnya hampir semua anak sekolah pasti punya seragam ini, wkwkwk. Tapi sebetulnya kalau dilihat dari warna, baju pramuka sekilas mirip baju veteran. Selain itu, baju ini melambangkan keberanian dan semangat juang yang udah dipupuk sejak dini. Salam pramuka!

 

6. Pakaian adat daerah

 

Bangsa Indonesia patut berbangga, karena meskipun terdiri atas berbagai macam suku, kita bisa jadi satu bangsa yang besar bernama Indonesia. Para pahlawan dan rakyat dari suku-suku yang berbeda nggak segan-segan buat bersatu ngelawan penjajah dari bumi Indonesia. Buat memperingati keragaman Indonesia juga, banyak orang milih pakai baju adat atau daerah pas Hari Pahlawan. Soalnya dulu mah nggak ada pejuang pakai jins belel atau jaket kulit kayak anak-anak zaman sekarang, wkwkwk.

 

7. Baju batik

 

Hampir sama kayak baju daerah, dulu batik sebenarnya juga mewakili suatu daerah tertentu. Tapi untungnya sekarang batik udah dinobatkan sebagai baju nasional. Pakai batik berarti nunjukin nasionalismemu yang tinggi. Batik juga jadi pilihan paling simpel tapi keren pas Hari Pahlawan. Tapi jangan pakai seragam batik sekolah deh, sama aja boong dong, hihihi.

 

8. Baju putih polos dikasih coret-coret merah darah

 

elain pejuang berseragam veteran, ada juga pejuang dari kalangan rakyat biasa yang bertempur tanpa seragam. Mereka cuma pakai kaos sederhana, umumnya warna putih ditambah atribut merah buat ngewakili bendera Indonesia, merah putih. Pertempuran besar ngelawan penjajah pastinya makan banyak korban luka, kaos putih mereka pun nggak luput dari darah. Biarpun secara konsep sederhana, menurut ane kostum kayak gini nih keren banget! Benar-benar menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia sampai titik darah penghabisan.

 

Cr: http://keepo.me/unique-weird-channel/8-macam-kostum-ini-pasti-muncul-pas-hari-pahlawan-tiap-tahun--kamu-pernah-pake-yang-mana-nih

10 November 2016, 18:09
0
0
posts : 5
reputation : 0
15 Desember 2016, 16:15
0
0
1


Airy Rooms
FANBASE & COMMUNITY

[WINNER ANNOUNCEMENT] Ramadhan in Love with TVXQ

[VOTE] Yuk Vote Juara K-CHART DREAMERS RADIO Periode 23 Juni - 29 Juni 2018

[VOTE] Yuk Vote Juara K-CHART DREAMERS RADIO Periode 02 Juni - 08 Juni 2018

Cara Agar Wajah Tidak Kusam

Kut Jalan Umroh

RECENT ACTIVE MEMBERS
TOP TAGS
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close