SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
periscope dreamers
google plus dreamers
FORUM
  • All
  • Current Issue
  • Fanbase Corner
  • Community Corner
  • Hot Thread
  • Popular Thread
  • Latest Thread
  • Create New Thread
  • Dreamers Citizen Card
Food > Mencoba Kreasi resep resep makanan Indonesia

Mencoba Kreasi resep resep makanan Indonesia

meigal8 on 07 April 2017 | 302 views | 3 replies
Share:
posts : 9
reputation : 0

Negara kita merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner paling beragam dimana setiap daerah punya masakan khas nya masing masing. Mulai dari pulau Sumatera dengan masakan yang dominan pedas, Jawa yang lebih manis hingga Papua dengan masakan khas yang eksotis. Menjadikan Indonesia sebagai surga kuliner bagi wisatawan asing yang ingin merasakan masakan yang lezat.

Ada begitu banyak kreasi resep resep makanan Indonesia dimana tidak sanggup kita tuliskan satu per satu pada artikel ini. Namun beberapa resep masakan akan diulasa pada kesempatan sekarang ini berserta penjelasan cara membuatnya. Yuk silakan simak resep masakan Indonesia sebagai berikut.

  • Ampela Ayam Bumbu Ketumbar

Bahan yang kita butuhkan seperti 14 buah Ampela ayam yang sudah dibersihkan, 1 sdt asam jawa, 1 sdm gula merah, seruas lengkuas geprek, 2 sdm kecap manis, air secukupnya dan minyak goreng secukupnya yang akan digunakan untuk menumis bumbu halus nantinya.

Bumbu halus terdiri dari 3 sdt ketumbar bubuk, 4 siung bawang putih, ½ sdt jintan, 1 sdt lada bubuk, 1 bungkus Royco dan garam secukupnya. Cara memasaknya pertama tama panaskan minyak lalu tumis semua bumbu halus hingga harum, masukan ampela ayam lalu diikuti dengan kecap, gula merah, lengkuas dan air secukupnya. Tunggu hingga matang, angkat dan sajikan.

  • Ikan Bawal Bumbu Kuning

Siapkan semua bahan seperti 1 kg ikan Bawal, 2 ikat daun kemangi, 2 buah jeruk nipis, 2 sdm minyak goreng untuk menumis dan air secukupnya. Sementara itu untuk bumbu halus terdiri dari 7 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 6 butir kemiri sangrai, seruas kunyit yang sudah dihaluskan.

Setelah semua bahan dipersiapkan maka selanjutnya masuk kedalam proses pembuatan, pertama tama bersihkan ikan Bawal lalu goreng hingga matang, sisihkan. Langkah selanjutnya yakni menumis semua bumbu halus hingga harum lalu diikuti dengan memasukan ikan Bawal yang sudah digoreng kedalam wajan berisi bumbu halus. Aduk hingga bumbu tercampur dan meresap sempurna, angkat dan sajikan sebagai lauk.

Untuk mencoba kuliner yang sedang populer di kalangan masyarakat, Anda tidak perlu harus jauh-jauh membelinya karena Anda dapat membuatnya sendiri. Berikut resep resep makanan Indonesia yang telah akrab di masyarakat.

1. Gado-gado

Gado-gado adalah makanan khas Jawa yang lezat. Disebut gado-gado karena terdapat macam-macam makanan di dalamnya seperti wortel, kentang, taoge, bayam, tomat, selada, dan sebagainya. Terdapat tambahan lauk seperti kerupuk, telur, tempe. Resep membuat siraman gado-gado terbuat dari kacang tanah, bawang putih, kencur, gula merah, cabai, garam (bumbu kacang).

2. Opor

Makanan opor sering kita jumpai saat hari raya. Biasanya sebagai makanan yang disajikan bersama ketupat. Resep membuat makanan opor bawang merah, kunyit, ketumbar dan bumbu dapur lainnya. Tambahkan santan saat daging ayam, telur, dan kentang sudah matang di dalam wajan.

3. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang berbahan dasar daging sapi. Warna dari makanan rawon adalah hitam pekat karena adanya rempah kluwek yang dimasukkan. Membuat rawon tidaklah sulit. Sama seperti makanan lainnya yang menggunakan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang puth, ketumbar, garam dan lain sebagainya.

4. Gudeg

Gudeng adalah makanan khas Jogja yang sering diburu oleh masyarakat khususnya wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Gudeg berbahan dasar buah nangka yang masih mentah kemudian diolah bersama rempah-rempah. Ciri khusus makanan ini memiliki rasa yang manis.

5. Pem-pek

Makanan khas Palembang ini merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat. Cara membuat pempek, yaitu mencampurkan daging ikan tenggiri yang telah digiling bersama tepung sagu. Adonan pempek dibntuk sesuai selera kemudian direbus dalam air yang mendidh. Cara membuat cuka yakni menggunakan bawang putih, cabai, garam, dan asam jawa. Rebus dan tambahkan sedikit air sampai mendidih. Sajikan bersama pempek yang telah ditiriskan.

Itulah aneka resep resep makanan Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat. Agar masakan menjadi lebih enak jangan lupa gunakan penyedap rasa Royco. Dengan Royco Anda mampu berkreasi menciptakan makanan yang lezat karena bumbunya yang meresap terpilih dari bahan berkualitas. 

07 April 2017, 18:01
0
0
posts : 2
reputation : 0

ini resep menu yang aku suka menu favorit ketika masak dirumah

11 April 2017, 11:02
0
0
posts : 10
reputation : 0
13 Mei 2017, 20:47
0
0
posts : 8
reputation : 0

Masakan Indonesia emang nggak ada matinya. Banyak banget dan enak-enak lagi. Yummy

16 Mei 2017, 16:29
0
0
1


FANBASE & COMMUNITY

Pandora Charms Sale Clearance

Pandora Black Friday Charms

Pandora Princess Rings

Tinnitus - Ringing Ears

Ed Sheeran berhenti ditengah pertunjukan demi membantu seorang fans melamar pacarnya

RECENT ACTIVE MEMBERS
TOP TAGS
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close