SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
periscope dreamers
google plus dreamers
FORUM
  • All
  • Current Issue
  • Fanbase Corner
  • Community Corner
  • Hot Thread
  • Popular Thread
  • Latest Thread
  • Create New Thread
  • Dreamers Citizen Card
News > Sejarah Tahun Baru Imlek yang Perlu Anda Ketahui

Sejarah Tahun Baru Imlek yang Perlu Anda Ketahui

Lakukeras on 29 Januari 2019 | 3,085 views | 0 replies
Share:
posts : 35
reputation : 0

Untuk orang-orang keturunan China atau etnis Tionghoa, tahun baru imlek adalah bagian penting dari tradisi mereka. Pada kalender Tionghoa, tahun baru Imlek dirayakan setiap tanggal 1 pada tahun yang baru. Ada pula akhir dari perayaan Imlek tersebut ada di pertengahan bulan ketika bulan purnama yakni tanggal 15 yang sering dikatakan dengan perayaan Cap Go Meh. Tahun baru China dimeriahkan oleh setiap orang China atau orang-orang keturunan China yang tinggal di mana saja mereka berada. Contohnya saja di Indonesia, sangat banyak penduduk Indonesia yang memang keturunan Tionghoa, mereka juga ikut merayakan tahun baru Imlek tersebut walau telah menjadi penduduk atau warga negara Indonesia.

Kemeriahan tahun baru Imlek ini dirayakan oleh hampir setiap negara di Asia yang sebagian masyarakatnya memiliki etnis China, contohnya saja Indonesia, Thailand, Singapura, Taiwan, Filipina, Malaysia dan lain-lain. Tahun baru Imlek China pastinya telah menjadi bagian dari budaya yang harus dilaksanakan pada negara-negara tersebut. Bahkan beberapa negara yang berdekatan dengan China seperti Mongolia, Bhurma, Vietnam, dan Jepang juga turut merayakan tahun baru Imlek.

imlek

Permulaan Tahun Baru China

Asal mula tepatnya tanggal perayaan Imlek ini belum dipahami dengan jelas, banyak yang memperkirakan mulanya adalah sebelum dinasti Qin. Kemungkinan lain perayaan Imlek ini dimulai di tanggal 1 pada dinasti Xia, bulan ke 12 pada dinasti Shang. Sedangkan ketika masa dinasti Zhou perayaan Imlek ini dimulai pada bulan ke 11. Bulan kabisat yang umumnya digunakan untuk memprediksi penanggalan kalender Tionghoa arahnya sama dengan putaran mengelilingi matahari. Pada waktu dinasti Shang, penanggalan tersebut dilengkapi setelah bulan ke 12, hal ini dipahami dari berbagai naskah ramalan.

 

Mitologi Dalam Tahun Baru China

Untuk mitologi masyarakat China, tahun baru imlek ini dirayakan saat mereka berhasil melawan seekor monster mitologi yang disebut Nian yang artinya tahun dalam bahasa China. Hewan bernama Nian ini selalu muncul di awal tahun baru China dan memakan hewan-hewan ternak yang menjadi kepunyaan penduduk bahkan juga anak-anak dan penduduk itu sendiri. Para penduduk China pun memiliki gagasan, mereka menaruh sejumlah makanan yang diletakkan di depan pintu rumah pada setiap tanggal 1 di awal tahun. Menurut masyarakat China tersebut, cara itu akan dapat menyelamatkan mereka dari serangan monster Nian, karena Nian hanya akan memangsa makanan yang disuguhkan warga dan tidak akan memakan warga atau penduduk China.

Pada suatu ketika ada seorang penduduk yang tidak sengaja melihat monster Nian ini berlari ketakutan ketika bertemu dengan seorang anak yang menggunakan pakaian berwarna merah. Semenjak itulah warga tahu kekurangan monster Nian tersebut, yaitu takut dengan segala hal atau benda yang memiliki warna merah. Warga juga akhirnya memasang lentera dengan warna merah di depan rumah pada awal tahun baru. Bukan cuma lentera yang memiliki warna merah yang mereka pasang, namun juga tirai berwarna merah yang mereka letakkan di pintu atau jendela. Untuk membuat Nian takut, penduduk juga menyalakan kembang api berwarna merah, suaranya yang keras dan menggelegar dipercaya akan membuat Nian takut.

Pada akhirnya Nian benar-benar takut dan tidak pernah muncul kembali, kemudian seorang pendeta Tao bernama Hongjun Lao Tse berhasil menangkap Nian. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa perayaan imlek sangat identik dengan warna merah. Budaya pengusiran Nian ini juga akhirnya berkembang menjadi sebuah perayaan tahun baru Imlek atau China. Terlepas dari benar atau tidaknya kisah tentang monster Nian berikut pengusirannya, perayaan imlek tetap menjadi tradisi yang penting untuk orang-orang China khususnya untuk para petani China yang merayakan selesainya musim dingin yang berganti dengan musim semi pada awal tahun.

 

Harapan Dalam Tahun Baru Imlek

Perayaan tahun baru Imlek ini diawali sejak tanggal 30 pada bulan ke 12 di penanggalan China, lalu diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh pada tanggal 15. Perayaan imlek ini termasuk sembahyang Imlek, berdoa kepada Thian dan yang terakhir yakni perayaan Cap Go Meh. maksud digelarnya sembahyang tersebut yakni untuk rasa terima kasih dan bentuk rasa syukur warga atau penduduk China tentang doa dan harapan yang baik pada tahun yang baru.

Harapan dan doa yang mereka yakini di perayaan imlek dengan melimpahnya rezeki yang banyak dalam hidup mereka. Hal ini bisa digunakan untuk menjamu pada leluhur dan terseleggaranya silaturahmi yang terjalin dengan baik antara keluarga dan tetangga. Hari raya Imlek ini digunakan para warga China untuk menjadi waktu kumpul keluarga besar satu tahun sekali. Ketika perayaan imlek berlangsung, tiap anggota keluarga akan bersilaturahmi dan saling membagikan cerita hidup mereka yang terjadi selama 1 tahun belakangan. Maka makna tahun baru Imlek ini akan semakin terasa ketika setiap anggota keluarga saling mengayomi dan mengasihi.

29 Januari 2019, 13:54
0
0
1


FANBASE & COMMUNITY

pethotel di pakuwon city

Cara Mengatasi Peforma Murai Batu Menurun Di Gantangan

Cara Memaster burung Kacer dan Perawatan hariannya

Sejarah Tahun Baru Imlek yang Perlu Anda Ketahui

Perawatan Kacer Mbagong

RECENT ACTIVE MEMBERS
TOP TAGS
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close