SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
periscope dreamers
google plus dreamers
FORUM
  • All
  • Current Issue
  • Fanbase Corner
  • Community Corner
  • Hot Thread
  • Popular Thread
  • Latest Thread
  • Create New Thread
  • Dreamers Citizen Card
News > Sejarah Hari Guru di Indonesia 25 November

Sejarah Hari Guru di Indonesia 25 November

Lakukeras on 21 November 2016 | 69 views | 1 replies
Share:
posts : 33
reputation : 0

Hello sobat dreamers. Tahukah Anda sebentar Kita memperingati Hari Guru di Indonesia loh. Tapi, sebelumnya sudah tahu belum sejarah hari guru di Indonesia?

Nah, untuk Anda khususnya teman-teman di forum dreamers berikut ini ada pengetahuan sederhana yang bisa saya bagikan kali ini.

Hari Guru di Indonesia jatuh tepat pada tanggal 25 November pada setiap tahunnya. Hari guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru dan diperingati pada tanggal yang berbeda - beda bergantung pada negara mana yang merayakannya. Di beberapa negara hari guru nasional menjadi hari libur Nasional dimana semua libur untuk merayakan.

Di Indonesia sendiri penetapan tanggal 25 November sebagai hari guru Nasional didasarkan oleh keputusan dari PResiden Nomor 78 Tahun 1994. Ya, tanggal serta bulan ini bertepatan dengan pembentukan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945.

Pada masa pemerintahan kolonial belanda, kaum guru membentuk sebuah organisasi yang diberi nama Persatuan Guru Hindia Belanda(PGHB). Organisasi yang dibentuk pada tahun  1912 ini anggotanya terdiri dari para guru bantu, kepala sekolah, guru yang berada di desa dan juga penilik sekolah. 

Dengan latar belakang pendidikan yang berbeda – beda pula mereka pada umumnya bertugas di sekolah desa dan sekolah rakyat angka dua. Sejalannya dengan keadaan bangsa, selain organisasi PGHB berkembang pula organisasi guru lain yang bercorakkan agama, kebangsaan dan lainnya.

Dua puluh tahun lebih berlangsung, nama PGHB diganti menjadi Persatuan guru Indonesia (PGI). Perubahan ini membuat pemerintahan belanda menjadi geram karena ada penggunaan kata – kata “Indonesia“. Semangat kebangsaan para guru tersebut sangat tidak disenangi penjajah pada masa itu, namun sebaliknya kata – kata tersebut sangat diinginkan oleh guru dan bangsa Indonesia.

Perubahan demi perubahan mulai berpihak kepada bangsa indonesia salah satunya adalah orang pribumi menduduki ketua HIS yang biasanya diduduki oleh orang belanda. Namun amat sayang kala penjajahan Jepan segala aktifitas organisasi dilarang dan seklah ditutup sehingga PGI tidak dapat melakukan aktifitas. Namun semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjadi dasar dari PGI untuk melakukan kongres guru Indonesia pada tanggal 24 25 November 1945 di surakarta.

Melalui kongres yang di adakan di surakarta ini memutuskan bahwa semua kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, politik, agama, suku dan lainnya sepakat dihapuskan.

Mereka yang berjuang aktif serta pensiunan yang masih aktif berjuang dijadikan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru didirikan. Dalam kongres inilah tepatnya pada tanggal 25 November 1945, PGRI didirikan. Dengan demikian tahun tersebut sampai saat ini merupakan ulang tahun yang ke 71 berdirinya organisasi guru yang di Indonesia ini.

Bagaimana? Sudahkah sedikit memiliki pemahaman tentang hari guru? Ya, mudah dan harapannya sudah yah. Hehehe.

21 November 2016, 01:12
0
0
posts : 5
reputation : 0

kurang 2 hari lagi tanpa guru kita gk bisa jadi apa apa

23 November 2016, 14:35
0
0
1


FANBASE & COMMUNITY

[VOTE] Yuk Vote Juara K-CHART DREAMERS RADIO Periode 24 - 30 September 2018

Cara Merawat Kulit Ketiak Menjadi Bersih Hingga Putih

Buty Nike Air Max 90

Cara Memelihara Lovebird Agar Rajin Berkicau Hingga Ngekek Panjang

nike air huarache mens

RECENT ACTIVE MEMBERS
TOP TAGS
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close
Press Esc to close